Senin, 19 Desember 2011

Paradigma

0

Paradigma

Fakta sosial
Definisi sosial
Perilaku sosial
Terpadu

Tokoh
Durkheim
Weber
B.F. Skinner
Durkheim
Marx
Weber
Parsons







Exemplar
Durkheim melihat sosiologi tengah berada dalam ancaman bahaya pengaruh 2 cabang yaitu filsafat dan psikologi, ini dikemukakan untuk membedakan sosiologi dari psikologi

Weber tidak memisahkan dengan tegas antara struktur sosial dengan pranata sosial, keduanya membantu untuk membentuk tindakan manusia yang penuh arti atau makna.
Skinner melihat kedua paradigma fakta sosial dan definisi sosial sebagai perspektif yang bersifat mistik atau teka teki tidak dapat diteranglan secara rasional.    
Paradigma terpadu ini membahas keseluruhan tingkatan dan berbagai paradigma sosiologi itu lebih bersifat saling melengkapi.
Pokok
persoalan
Durkheim menyamakan fakta sosial dengan pranata sosial, kemudian  ia juga menghubungkan antara fakta sosial dengan pranata sosial
Weber merumuskan sosiologi sebagai ilmu yang berusaha untuk menafsirkan dan memahami tindakan sosial  untuk sampai kepada penjelasan kausal.

Tingkah individu yang berlangnsung dalam hubungannya dengan faktor lingkungan yang menimbulkan perubahan terhadap tingkah laku.
Dalam kenyataan, realitas sosial paling tepat dipandang sebagai kesatuan sosial yang berskala luas yang mengalami perubahan secara terus menerus,
Teori
T. Fungsionalisme        
Structural
T. Konflik
T. Sistem
T. Sosiologi
makro    
       
T. Aksi
T.Interaksionisme simbolik
T. Fenomenologi
T. Behavioral
Sociology
T. Exchange


Metode
Kuesioner
Interview
Observasi
Kuesioner
Interview
Observasi

Contoh
kongrit






0 komentar:

Posting Komentar