PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan : ................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
X/1
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
1. Memahami perilaku keteraturan hidup
sesuai dengan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat
|
1.1. Menjelaskan fungsi sosiologi sebagai
ilmu yang mengkaji hubungan masyarakat dan lingkungan
|
· Mendefinisikan sosiologi sebagai ilmu dan
metode
· Mendeskpripsikan hubungan berbagai konsep
tentang realitas sosial.
· Mengidentifikasidata tentang realitas sosial masyarakat.
|
· Sosiologi sebagai ilmu yang mengkaji
hubunganmasyarakatdan lingkungan
|
||||
1.2. Mendeskripis-kan nilai dan norma
yang berlaku dalam masyarakat
|
· Menjelaskan nilai dan norma.
· Membedakan nilai dan norma
· Menjelaskanperan nilai dan norma dalam masyarakat.
· Mengklasifikasikankasus pelanggaran nilai dan norma yang
berlaku dalam masyarakat.
|
· Nilai dan Norma
|
|||||
1.3. Mendeskripsi-kan proses interaksi
sosial sebagai dasar pengembangan pola ketaraturan dan dinamika kehidupan
sosial.
|
· Mendefinisikan interaksi sosial dan
dinamika sosial
· Menjelaskan faktor yangmendorongterjadinya interaksi sosial dan dinamika
sosial
· Menjelaskan hubungan antara interaksi
sosial dan ketaraturan sosial.
|
Interaksi Sosial dan Dinamika Sosial
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan :
................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
X/2
Tahun
Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
2.Menerapkan nilai dan norma dalam proses
pengembangan kepribadian
|
2.1.Menjelaskan sosialisasi sebagai
proses dalam pembentukan kepribadian
|
· Mendefenisikan sosialisasi dan
pembentukan kepribadian
· Mendeskripsikan peran nilai dan norma
dalam sosialisasi
· Menjelaskan tahapan perkembangan diri
manusia.
· Menjelaskan faktor-faktor yang
berpengaruh terhadap pembentukan kepribadian.
· Menjelaskan hubungan antara pembentukan
kepribadian dengan kebudayaan.
· Menjelaskan agen-agen yang berperan dalam
sosialisasi.
· Mendeskripsikan hubungan sosialisasi
dengan kepribadian
|
Sosialisasi dan pembentukan kepribadian
|
||||
2.2.Mendeskripsikan terjadinya perilaku
menyimpang dan sikap-sikap anti sosial.
|
· Mengidentifkasikan terjadinya perilaku
menyimpang sebagai hasil sosialisasi yang tidak sempurna.
· Mengklasifikasi jenis-jenis perilaku
menyimpang
· Mengidentifikasikan sifat dan macam
perilaku menyimpang.
· Memberikan opini tentang berbagai
perilaku menyimpang dalam masyarakat
|
Perilaku Menyimpang
|
|||||
2.3.Menerapkan aturan-aturan sosial dalam
kehidupan bermasyarakat.
|
· Mengidentifikasi jenis-jenis lembaga
pengendalian sosial
· Mendeskripsikan berbagai cara
pengendalian sosial
· Mendeskripsikan akibat tidak berfungsinya
lembaga sosial
· Mendefinisikan aturan-aturan sosial dalam
kehidupan masyarakat
|
Aturan-aturan sosial dalam kehidupan
bermasyarakat
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan :
................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
XI/1
Tahun
Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
1. Memahami struktur sosial serta berbagai
faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
|
1.1.Mendeskripsikan bentuk-bentuk
struktur sosial dalam fenomena kehidupan masyarakat.
|
· Mendeskrispsikan pengertian struktur
sosial
· Mendeskripsikan diferensiasi sosial.
· Mendeskripsikan stratifikasi sosial.
· Mengidentifikasi diferensiasi sosial
berdasarkan ras, etnis, agama, dan jender.
· Mengidentifikasi macam-macam kriteria
stratifikasi sosial di masyarakat.
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh
diferensiasi sosial yang terdapat di masyarakat.
· Membedakan konsolidasi dan interseksi
yang terjadi di dalam masyarakat.
|
· Struktur sosial dan Diferensiasi
· Stratifikasi sosial.
|
||||
1.2.Menganalisis faktor penyebab konflik
sosial dalam masyarakat.
|
· Mendeskripsikan berbagai pengaruh
diferensiasi sosial dan stratitikasi sosial
· Mengidentifikasi berbagai konflik dalam
masyarakat.
· Membedakan konflik dengan kekerasan
· Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
konflik dalam masyarakat.
· Mendeskripsikan proses terwujudnya
integrasi dalam masyarakat.
· Menjelaskan faktor-faktor yang
mempengaruhi integrasi sosial
· Menjelaskan faktor pendorong dan
penghambat terwujudnya integrasi sosial.
|
· Konflik sosial
|
|||||
1.3.Menganalisis hubungan antara struktur
sosial dengan mobilitas sosial.
|
· Mendeskripsikan bentuk-bentukmobilitas sosial di masyarakat
· Membedakan mobilitas sosial dengan gerakansosial
· Mengidentifikasi cara-cara yangdilakukan anggota masyarakat untuk mobilitas.
· Mendeskripsikanpengaruh mobilitas sosial terhadap
kehidupan masyarakat.
· Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
· Mendeskripsikan proses terjadinya
mobilitas sosial.
· Mengidentifikasi dampak mobilitas sosial.
· Mendeskripsikan hubungan antara struktur
sosial dengan mobilitas sosial.
|
· Hubungan antara struktur sosial dengan
mobilitas sosial.
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan :
................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
XI/2
Tahun
Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
2. Menganalisis kelompok sosial dalam dampak masyarakat multikultural.
|
2.1.Mendeskripsikan
berbagai kelompok sosial alam masyarakat multikultural.
|
· Mendeskripsikan pengertian kebudayaan
· Mengidentifikasikan unsur-unsur
kebudayaan.
· Mendeskripsikan hubungan antara
unsur-unsur kebudayaan.
· Mendeskripsikandinamika unsur-unsur kebudayaan.
|
· Kebudayaan
|
||||
2.2.Menganalisis perkembangan kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural.
|
· Mendeskripsikan keanekaragaman suku
bangsa di Indonesia bagian barat, tengah, dan timur.
· Menjelaskan konsekuensi perubahan sosial
ekonomi, politik, budaya terhadap perkembangan kelompok sosial.
· Membedakan konflik dengan kekerasan
· Mengidentifikasi sebab-sebab terjadinya
konflik dalam masyarakat.
|
· Kelompok sosial dalam masyarakat
multikultural
|
|||||
2.3.Menganalisis keanekaragaman kelompok
sosial dalam masyarakat multikultural.
|
· Mendeskripsikan pengertian masyarakat
multikultural dan multikulturalisme.
· Menjelaskan faktor penyebab
terjadinya kemajemukan dalam masyarakat multikultural.
· Menejalaskan pengeruh perubahan sosial
terhadap perkembagnan masyarakat multikultural.
· Membedakan kelompok-kelompok sosial di
masyarakat.
· Melakukan pengamatan tentang kelompok
sosial di masyarakat.
|
Masyarakat Multikultural
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan :
................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
XII/1
Tahun
Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
1.Memahami dampak perubahan sosial
|
1.1.Menjelaskan proses perubahan sosial
di masyarakat.
|
· Memberi contoh berbagai perubahan yang
terjadi di masyarakat.
· Mendeskripsikan bentuk-bentuk perubahan
sosial.
· Memberikan contoh faktor pendorong
Perubahan Sosial.
· Mengidentifikasikan faktor- faktorpenghambat perubahan sosial.
|
· Perubahan sosial
|
||||
1.2.Menganalisis dampak perubahan sosial
terhadap kehidupan masyarakat.
|
· Memberikan contoh kasus dampak perubahan
sosial.
· Mengidentifikasi tantangan globalisasi
terhadap eksistensi jati diri bangsa
· Mengemukakan gagasan atau pemikiran untuk
mengatasi memudarnya jati diri bangsa
|
· Dampak Perubahan Sosial
|
|||||
2. Memahami Lembaga
Sosial
|
2.1 Menjelaskan hakekat lembaga sosial
|
· Mendeskripsikan konsep lembaga social
· Menjelaskan proses pembentukan lembaga
sosial
· Menganalisis pengaruh perubahan terhadap
pembentukan lembaga sosial
|
LEMBAGA SOSIAL YANG
TERDAPAT DI MASYARAKAT
Pengertian Lembaga
Sosial
Proses pembentukan
lembaga sosial
|
||||
2.2 Mengklasifikasi tipe-tipe lembaga sosial
|
· Mengidentifikasi karakteristik lembaga
sosial di masyarakat
· Mendeskripsikan tipe dan hubungan antar
lembaga sosial di masyarakat
· Menganalisis efisiensi dan efektifitas
dari adanya hubungan antar lembaga sosial di masyarakat.
|
TIPE-TIPE LEMBAGA
SOSIAL DI MASYARAKAT
Tipe lembaga sosial
berdasarkan politik
Tipe lembaga sosial
berdasarkan ekonomi
Tipe lembaga sosial
berdasarkan budaya
Tipe lembaga sosial
berdasarkan hukum
|
|||||
2.3 Mendeskripsikan peran dan fungsi
lembaga sosial
|
· Mendeskripsikan berbagai peran dan fungsi
lembaga
· sosial berdasarkan studi literatur dan
studi lapangan
· Menguraikan adanya penyesuaian kembali
terhadap peran dan fungsi lembaga sosial di masyarakat
· Mendeskripsikan berbagai kegiatan lembaga
sosial dalam mewujudkan peran dan fungsinya di masyarakat
· Menganalisis eksistensi lembaga sosial
dalam menghadapi berbagai perubahan lokal, nasional dan global
|
PERAN DAN FUNGSI
LEMBAGA SOSIAL
Peran lembaga sosial
di masyarakat
• Fungsi lembaga
sosial di masyarakat
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
PEMETAAN STANDAR ISI/ANALISIS SK DAN KD
Satuan
Pendidikan :
................................
Mata
Pelajaran : Sosiologi .
Kelas
/ Semester :
XII/2
Tahun
Pelajaran :
20... -20...
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Tahapan berpikir
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Tahapan berpikir
|
Materi Pokok
|
Ruang Lingkup
|
Alokasi
Waktu
|
2.Mempraktekkan metode penelitian sosial
|
2.1.Merancang metode penelitian sosial
secara sederhana.
|
· Mendeskripsikan proses berpikir dan
penelitian
· Menentukan topik atau judul penelitian.
· Merumuskan rancangan penelitian secara
sederhana. Misalnya, menentukan topik merumuskan masalah, dan memilih metode
penelitian.
|
· Penelitian Sosial.
|
||||
2.2.Melakukan penelitian sosial.
|
· Menjelaskan arti pengumpulan data
· Menjelaskan cara-cara pengumpulan data.
· Melaksanakan penelitian secarasederhana .
· Menjelaskan tahap-tahap pengolahan data,pengorganisasiandata.
· Mendeskrispsikan jenis hubungan data.
|
· Penelitian Sosial
|
|||||
2.3.Mengkomunikasikan hasil penelitian
secara sederhana.
|
· Membuat laporan peneliltian sosial secara
sederhana.
· Mempresentasikan hasil penelitian sosial
secara sederhana.
|
· Penelitian sosial
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
………………,…………………20…
Guru mapel Sosiologi
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
0 komentar:
Posting Komentar